+62 818-0808-0605

PKKU: Prinsip Kewajaran dan Kelaziman Usaha

PKKU: Prinsip Kewajaran dan Kelaziman Usaha

Di era globalisasi bisnis, perusahaan multinasional sering memiliki berbagai entitas yang terhubung di berbagai negara. Salah satu isu yang krusial dalam konteks ini ialah penetapan harga transfer atau transfer pricing. Transfer pricing merujuk pada penetapan harga barang, jasa, atau hak kekayaan intelektual yang dipindahkan di antara entitas terkait dalam perusahaan multinasional.

Prinsip Kewajaran dan Kelaziman Usaha (PKKU) diaplikasikan dalam situasi transfer pricing antara entitas terkait di dalam perusahaan multinasional tersebut. PKKU menitikberatkan pada pentingnya kesesuaian harga transfer antara entitas terkait dengan transaksi independen yang sejenis.

Penerapan PKKU dalam konteks transfer pricing memiliki signifikansi besar bagi perusahaan multinasional. Langkah ini tak hanya menjamin kepatuhan yang tepat terhadap perpajakan, tetapi juga mendukung pengelolaan risiko, kepatuhan terhadap regulasi, dan juga mengurangi potensi konflik dengan lembaga pajak dari berbagai yurisdiksi.

KKP Ashadi dan Rekan menyediakan

Layanan konsultan pajak terpercaya dari ahli dengan pengalaman lebih dari 20 tahun

Pengertian Prinsip Kewajaran dan Kelaziman Usaha

Menurut ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-43/PJ/2010, Prinsip Kewajaran dan Kelaziman Usaha (PKKU) adalah landasan yang mengatur bahwa harga atau keuntungan dari transaksi antara pihak yang memiliki hubungan istimewa harus seimbang atau berada pada kisaran yang serupa dengan transaksi yang melibatkan pihak yang tidak memiliki hubungan istimewa sebagai patokan perbandingan.

Pentingnya Prinsip PKKU terhadap Penetapan Harga Transfer

PKKU menegaskan keadilan dalam penetapan harga transfer. Prinsip ini menjamin bahwa entitas terkait menetapkan harga transfer secara wajar dan juga menghindari praktik penghindaran pajak yang tidak etis.

Sebagai tindak lanjut, setiap perusahaan juga harus memiliki dokumentasi yang komprehensif sehubungan dengan penetapan harga transfer yang sesuai dengan PKKU. Dokumentasi ini mencakup analisis mendalam tentang faktor-faktor bisnis, kondisi pasar, perbandingan dengan transaksi serupa yang pihak independen lakukan, serta alasan-alasan lainnya yang mendukung penetapan harga transaksi tersebut. Dokumentasi yang kuat ini menjadi bukti kepatuhan terhadap persyaratan perpajakan dan menunjukkan kesesuaian dengan PKKU.

Peran PKKU sangat krusial dalam menegakkan transparansi dan kepatuhan dalam konteks bisnis global saat ini. Dengan menerapkan prinsip ini secara konsisten, perusahaan dapat menunjukkan komitmen terhadap kepatuhan terhadap peraturan perpajakan yang berlaku di berbagai yurisdiksi. Hal ini tidak hanya membantu mengurangi risiko konflik dengan lembaga pajak tetapi juga memastikan bahwa penetapan harga transfer sesuai dengan regulasi perpajakan di setiap negara tempat perusahaan beroperasi.

Baca juga:

Transaksi Afiliasi: Pengertian, Prosedur dan Jenis-Jenisnya

Konsultasi Pajak Bersama KKP Ashadi dan Rekan

Konsultan Pajak Karawang merupakan bagian dari firma Ashadi dan Rekan yang menyediakan pelayanan jasa pajak, akuntansi dan jasa konsultansi pada bidang akuntansi, perpajakan, manajemen dan training terpercaya, independen, akuntabel, dan profesional.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top